WHY WHO WHAT

Kreatif? Hmm kata yang sering kita dengar. Tapi apa sih sebenernya kreatif? Menurut saya, kreatif itu suatu pola pikir manusia dalam memunculkan sesuatu yang baru, gagasan atau ide.  Nah secara zaman udah mengalami perkembangan ke arah yang lebih kompeks, perlu untuk orang2 menjadi lebih kreatif. loh kenapa? Ini dia alasannya:

  • Hidup akan jadi lebih hidup. Membuat sesuatu yang baru itu akan terasa menyenangkan dan bisa mengusir kebosanan dalam hidup. no more galau, hehe
  • Khususnya dalam bisnis, kreatifitas itu amat penting untuk memunculkan inovasi2 baru yang dibutuhkan pasar.. Jangan hanya menjadi pengikut, tapi buatlah sesuatu yang baru, yang lebih baik pastinya.
  • Penting juga loh untuk menyelesaikan masalah. Kalau udah buntu untuk memikirkan solusi dari masalah, coba berpikir kreatif dan out of the box untuk mencari jalan keluarnya.. lebih asyik juga kann.
  • Jadilah agen perubahan. Wah ga bisa dipungkiri, orang yang kreatif sekarang dicari2 orang untuk inilah untuk itulah. Kita bisa berkontribusi untuk masyarakat lewat kekreativitasan yang kita miliki. Ingat pengabdian masyarakat ya!
  • Uniqueness. Pasti kita beda dari yang lain deh. Being different in a good way is cool, right?

Pasti pengen tau juga kan, siapa role model yang bisa kita lihat kekreativitasannya. Saya memilih Leonardo Da Vinci. Ini dia nih orangnyaaa…

Leonardo Da Vinci

Kenapa mesti dia ya? Bukan hanya karena lukisan “Monalisa” dan “Perjamuan Akhir” yang sangat terkenal itu saja, tetapi banyak karya2 dia lainnya yang kreatif dan menarik. Ia memiliki pemikiran yang melebihi orang2 pada masanya.. Ia terkenal karena mendesain banyak ciptaan yang dibuat untuk menjawab dunia modern yang jarang dibuat orang2 semasa hidupnya. Cool!

Monalisa

Perjamuan Akhir

Leonardo Da Vinci termasuk orang yang multi-talented. Ia adalah seorang seniman. Lewat lukisan, ia dapat menghubungkan ilmu pengetahuan dan teknologi. Misalnya saja, ia membedah mayat agar dapat mengerti anatomi tubuh, dan kemudian melukisnya dengan cermat. Ia juga adalah seorang penemu dan ilmuwan. Semua hasil penemuannya berdasarkan pengamatan, tidak hanya asal-asalan saja. Contohnya, ia membuat sketsa cara burung terbang dengan mengamati bagaimana burung terbang. Ia juga membuat sketsa kapal selam dan jam waktu. Tidak hanya seorang seniman dan penemu, ia juga seorang arsitek. Ia merancang kota lengkap dengan terwongan air, pelebaran jalan, dsb. Kita bisa melihat bahwa Da Vinci memadukan ilmu dan seni. Ia menjawab tantangan dunia modern dengan perspektifnya yang kreatif yang melampaui pikiran orang2 di masanya saat itu..

Nah, bukan hanya contoh orang kreatif, tapi coba kita lihat perusahaan yang kreatif.  J O G E R .. Pernah dengar kan pabrik kata2 Joger yang bertempat di Bali? Pasti pernah lah yaaa. Joger adalah toko souvenir dan baju yang memiliki value added dalam membuat kata2 yang unik, lucu, dan aneh. Beda deh dari yang lain.. Kata2nya sangat kreatif. Santai, ringan, dan sering kita dengan dalam bahasa sehari-hari. Contohnya saja untuk yang mau belanja di sana, mereka membuat plang bertuliskan “Dilarang Maling! TUHAN Ada Dimana-Mana!” ha ha ha. Kita mungkin ga terpikir untuk menulis itu jika kita memiliki toko. Ada juga “Dilarang Belanja TERLALU BANYAK” wah Joger benar2 yakin orang2 akan belanja banyak disana, sampai2 membuat kata2 ini.. haha. Memang Joger “menjual” kata2 yang unik untuk bisnisnya. Sangat kreatif kan?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: